Jokowi Fokus Bangun Tol Laut untuk Pemerataan

tol_lautJokowi-JK Papua : Calon presiden Joko Widodo mendapatkan pertanyaan terkait pembangunan infrastruktur dari rivalnya, Prabowo Subianto, jika terpilih sebagai presiden. Prabowo menanyakan hal ini karena ia belum mendapatkan gambaran tentang apa yang akan dilakukan Jokowi di bidang infrastruktur.

Menjawab pertanyaan ini, Jokowi mengatakan, salah satu yang akan dibangunnya adalah tol laut dari Sumatera hingga ujung Papua.

“Infrastruktur tol laut penting sekali, sehingga ada dari Sumatera hingga ujung Papua. Kenapa harus ada? Saya contohkan, semen di Jawa harganya Rp 50-60 ribu. Tapi, di Papua bisa Rp 1 juta bahkan Rp 1,2 juta atau Rp 1,5 juta. Kalau tol laut dibangun, di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Papua, akan memberikan rasa keadilan,” kata Jokowi, dalam debat kedua capres, Minggu (15/6/2014), di Grand Melia, Jakarta Selatan.

Jokowi pun mengisahkan pengalamannya sebagai pebisnis. “Saya pelaku, saat mengirim kontainer dari Jawa ke Eropa, dari Jawa ke Papua, lebih mahal ke Papua karena tidak ada kapal besar,” kata Jokowi.

Selain tol laut, Jokowi juga akan memaksimalkan pembangunan double track kereta api di Jawa, Kalimantan, dan Papua.

“Kereta api ini penting. Ini angkutan yang sangat murah, konsentrasikan untuk hajat hidup orang banyak. Tidak hanya untuk distribusi logistik, tapi juga mengangkut orang untuk biaya murah,” ujarnya.@LaskarJokowi

Pos ini dipublikasikan di Agenda Jokowi, Papua Berubah dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan komentar